Kamis, 26 November 2015

Jadilah penerima nasihat yang baik!

Jadilah penerima nasihat yang baik!
Masih seputar nasihat-menasihati ...
Hari ini banyak orang yang pandai menyampaikan nasihat,
tapi tidak pandai untuk menerima nasihat. 
Pandai memberi nasihat, bahkan saking pandainya bisa sampai berbusa busa ketika menyampaikan nasihatnya tanpa mempedulikan keadaan sang penerima nasihat.
Tapi ketika ada yang menasihati malah tidak bisa menerima, bahkan tidak mau menerima nasihat, bahkan yang lebih parah lagi bicara yang tidak-tidak mengenai sang pemberi nasihat.
Banyak alasan kenapa orang tidak pandai atau tidak mau menerima nasihat dan hanya ingin menasihati orang lain,
salah satu sebabnya adalah kedudukan dan usia (kesenioran).
Sudah menjadi tabiat manusia, siapapun ingin didengar dan dihormati terlebih orang yang kedudukannya lebih tinggi atau usianya lebih tua.
Tetapi dalam hal ini Rosulullah Salallahu 'alaihi wasallam mengajarkan kepada kita dalam sabdanya yang diriwayatkan oleh ath thirmidzi "Bukanlah termasuk golongan kami orang yang tidak menyayangi orang yang lebih kecil (usianya atau kedudukannya) dan yang tidak menghormati orang yang lebih besar (usianya atau kedudukannya)", salah satu cara kita menyayangi atau menghormati orang yang lebih kecil baik itu usianya atau kedudukannya adalah dengan kita juga mendengarkan pendapat-pendapatnya atau nasehat-nasehatnya selama isi pendapat atau nasehatnya baik.
Semoga Allah Subhanahuwata'ala menjadikan kita orang-orang yang pandai menerima nasihat... amiiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar